5 Masakan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

Mediasiblogger.com Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beragam daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang pastinya berbeda dengan daerah lainnya. Salah satunya adalah Suku Sunda yang kebanyakan mendiami di Jawa Barat mulai dari kota Bogor, Bandung, hingga Banten. Masakan khas Sunda sendiri terdiri dari beragam jenis mulai dari nasi, hingga jajanan pasar yang saat ini sudah mulai jarang ada di pasar.

Perlu diketahui bahwa makanan khas merupakan kuliner yang dimiliki oleh suatu daerah dan sering dikonsumsi oleh warga sekitar. Tentunya mempunyai cita rasa khas yang bisa diterima oleh lidah masyarakat. Makanan khas di daerah pulau Jawa memiliki kekentalan dari ragam rempah-rempahnya dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat di suatu daerah tersebut. Makanan khas Sunda juga terdiri dari beragam rempah-rempah yang mencerminkan daerah Jawa Barat.

Macam-macam Masakan Khas Sunda

 
makanan khas sunda


Berikut macam-macam masakan khas Sunda yang wajib dicoba jika berkunjung ke daerah suku Sunda baik saat berwisata maupun ke rumah saudara atau yang lainnya:

1. Nasi timbul


Nasi ini menggunakan bahan utama yaitu beras yang di masak dengan dibungkus daun pisang. Nasi yang dihasilkan pun lebih empuk dan tentunya bau khas dari daun pisang untuk membungkus. Nasi timbul juga dilengkapi dengan beragam lauk seperti pepes ikan, olahan ikan teri, jeroan, ikan goreng, dan lain sebagainya. Untuk lauknya bisa disesuaikan dengan selera pembeli. Ditambah lagi dengan sambal dan pete yang merupakan ciri khas makanan Sunda.

2. Nasi tutug oncom


Masakan khas Sunda satu ini menggunakan bahan utama yaitu oncom. Nasi yang sudah dicuci bersih dikukus kemudian diaduk dengan tambahan berupa oncom goreng atau oncom bakar.
Perlu diketahui bahwa oncom merupakan olahan kedelai yang difermentasi. Sehingga menimbulkan bau yang khas ketika memakannya. Sebagai pelengkap dengan adanya lauk yang beragam mulai dari tahu goreng, ayam goreng, sambal terasi, empal goreng, perkedel kentang, lalapan sayur, dan lain sebagainya.

3. Laksa Bogor


Sunda terkenal dengan berbagai olahan yang menggunakan bahan oncom salah satunya adalah laksa Bogor. Laksa Bogor diperkaya dengan bumbu rempah-rempahnya khas Jawa yang dicampur dengan santan dan kaldu ayam. Cara membuatnya, pertama siapkan piring atau mangkuk dengan tatanan berupa bihun, telur rebus, daun kemangi, ayam yang di suwir-suwir dan tauge. Setelah siap semuanya kemudian kuah yang berpadu dengan oncom disiramkan di atas tatanan sayur tadi.

4. Bakakak ayam


Menu masakan khas Sunda ini menggunakan bahan utama ayam yang diolah dengan rempah-rempah lengkap khas Sunda. Setelah ayam diolesi dengan beragam bumbu tadi kemudian di bakar. Ayam yang digunakan merupakan ayam muda utuh sehingga bisa dinikmati lebih dari 1 orang. Dalam penyajiannya di tambah dengan sambal yang bisa disesuaikan dengan selera pembeli. Sambal itu mulai dari sambal cabe merah maupun sambal hijau.

5. Asinan sayur


Asinan merupakan makanan khas dari Sunda dengan isian beragam sayur-sayuran seperti kol, sawi, mentimun, tauge, wortel, tahun, daun antanan. Semua sayuran tersebut ditata rapi di atas piring yang kemudian di siram dengan kuah asin yang sudah diolah sebelumnya. Kuah asinan ini berasal dari garam, gula, kacang tanah, cabai, dan ebi atau udang kecil yang direbus secara bersamaan. Rasa kuahnya segar dan sedikit asin sehingga patut dicoba oleh Anda penikmat makanan.

Semua masakan khas Sunda di atas sangat wajib di coba karena rempah-rempah yang khas sehingga bisa menambah nafsu makan.  Selain masakan khas Sunda seperti di atas banyak lagi yang harus Anda coba ketika berada di daerah Sunda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel