Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Kesukaan Keluarga

Mediasiblogger.com, Salah satu kue tradisional khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar ya kue bolu kukus. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa tenu  tak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Pasalnya bentuknya yang sederhana dengan rasa yang kekinian itulah yang melekat di benak masyarakat. Tak heran jika di berbagai macam acara pun ada banyak orang yang menyertakan kue ini sebagai hidangannya. Jadi, siapa sih yang nggak penasaran bagaimana cara membuat bolu kukus tersebut ?


cara membuat bolu kukus
cara membuat bolu kukus


Yang menjadi ciri khas dari kue bolu kukus tak lain adalah bentuknya yang mekar. Umumnya kue ini memiliki dasar warna cokelat dengan rasa yang klasik. Bagi Anda yang menggemari kue yang satu ini maka Anda bisa  membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah. Dijamin rasanya tak kalah enak dengan kue bolu kukus yang dijual di pasaran lho! Yuk simak resep cara membuat bolu kukus tersebut di bawah ini!

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar dengan Mudah


Seperti yang Kita ketahui bahwa salah satu kue basah di Indonesia yang tak jarang kita temukan dalam berbagai acara adalah bolu kukus mekar. Tentu semua orang menyukai makanan khas yang satu ini. Meskipun tampilannya yang sederhana namun rasanya sangat lezat dan empuk. Lantas bagaimana cara membuat bolu kukus tersebut? Yuk Kita ketahui bersama pada ulasan di bawah!

Berikut ini beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum membuat bolu kukus mekar.
  • 500 gram tepung terigu
  • 400 gram gula pasir
  • 2 sendok teh ovalet/tbm/sp
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan  vanila
  • 450 ml minuman bersoda
  • 3 sendok teh pasta cokelat
  • 4 butir telur
  • 20-30 cup kertas kue bolu ukuran sedang
Setelah menyiapkan bahan-bahan yang disebutkan di atas, selanjutnya adalah mengetahui cara membuat bolu kukus. Caranya sangat mudah sekali, yakni dengan beberapa langkah berikut.

  1. Langkah pertama cara membuat bolu kukus adalah menyiapkan cetakan kue bolu kukus yang berbentuk cup dengan bahan alumunium yang berlubang. Kemudian lapisi cetakan kue tersebut dengan kertas kue bolu kukus, lalu sisihkan.
  2. Cara membuat bolu kukus kedua dengan menyiapkan kukusan dan bungkus tutup kukusan menggunakan kain agar uap tidak jatuh ke adonan kue sehingga membuatnya rusak.
  3. Selanjutnya mulai masukkan telur, gula pasir, dan ovalet ke dalam wadah seperti baskom. Jika sudah aduk menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi kurang lebih selama 15 menit hingga adonan mengembang dan juga kaku.
  4. Jika sudah, masukkan terigu yang sudah diayak, minuman soda, dan baking powder secara bergantian sambil tetap dikocok perlahan dengan mixer  secara  merata.
  5. Jika sudah merata, ambil sedikit adonan kue kira-kira 100 gram dan berilah pasta cokelat. Kemudian aduk adonan sampai merata lalu sisihkan.
  6. Pada sisa adonan yang lebih banyak tambahkan vanila dan aduk juga hingga merata.
  7. Selanjutnya tuang adonan yang putih ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah disiapkan.
  8. Lalu tambahkan adonan berwarna cokelat di atasnya.
  9. Lakukan berulang-ulang secara bergantian hingga adonan habis.
  10. Jika sudah masukkan adonan ke dalam panci untuk dikukus. Pastikan dahulu air pada kukusan sudah mendidih supaya kue bisa matang dan mengembang secara maksimal.
  11. Anda bisa mengukusnya kurang lebih 15 hingga 20 menit hingga adonan benar-benar matang dan mengembang dengan sempurna.
  12. Jika sudah matang angkat dan lepaskan adonan dari cetakannya.
  13. Terakhir kue bolu kukus siap disajikan sesuai dengan selera.
Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat bolu kukus di atas? Kini Anda bisa menerapkannya sendiri di rumah kapan pun Anda mau. Selain lebih higienis, Anda juga bisa menjamin sendiri bahan yang digunakan berkualitas terbaik. Jadi kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri?

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel