Apa Itu Diet Keto ? Seberapa Efektifkah Menurunkan Berat Badan Anda ?

Mediasiblogger.com, Apa Itu Diet Keto - Kalau Anda penggemar Kim Kardashian, pasti tidak asing dengan cara sang seleb menurunkan berat badan pasca melahirkan North West. Ya, Kim berhasil menurunkan berat badan hingga belasan kilo dengan menjalani diet ketogenik atau keto. Sebenarnya apa itu diet keto dan seberapa efektikfkah menurunkan berat badan dalam hitungan minggu? Yuk, simak informasi lengkap berikut ini!

Pengertian diet keto dan manfaat untuk tubuh

 
apa diet keto
Ilustrasi makanan saat diet keto

Sebagian besar orang masih awam dan sering bertanya apa itu diet keto yang disebut ampuh menurunkan berat badan. Diet keto merupakan cara menerapkan pola makan harian yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak dengan asupan protein sedang. Tujuan memilih konsumsi lemak cukup tinggi agar tubuh bisa dalam kondisi ketosis. Ketosis sendiri merupakan kondisi seseorang yang mengubah lemak menjadi keton di hati dan membakar lemak sebagai energi tubuh.

Meski banyak pro dan kontra mengenai manfaat serta dampak buruk dari diet keto tetapi banyak orang yang sukses menurunkan tubuh dengan program satu ini. Tentu Anda perlu menelisik lebih jauh mengenai apa itu diet keto agar terhindar dari bahaya buruk yang mengintai seperti kondisi ketoasidosis. Lalu, apa saja yang bisa diambil manfaat dari diet keto? Berikut beberapa manfaat diet keto jika dilakukan sesuai dengan aturan yang benar.

1. Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh diabetes tipe 2


Bagi Anda yang mungkin menderita penyakit diabetes tipe 2, cara terbaik untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh adalah melakukan diet keto. Tentu lemak yang dikonsumsi harus lemak sehat yang sesuai dengan anjuran dokter seperti kacang-kacangan, buah alpukat dan ikan salmon.

2. Menurunkan intensitas kejang pada anak epilepsi


Pada penderita epilepsi, diet keto bisa dilakukan untuk mengurangi intensitas kejang. Hal ini sudah dibuktikan lewat penelitian pada anak-anak yang mengidap epilepsi dan terbukti mengurangi kejang hingga 50 persen.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung


Apa itu diet keto yang bermanfaat bagi kesehatan? Ya, Anda bisa terhindar dari dampak negatif diet keto kalau tahu cara menjalankan yang benar. Jika upaya diet keto sesuai aturan, Anda bisa mendapatkan manfaat positif yaitu mengurangi risiko penyakit jantung. Diet ini bisa membantu penurunkan produksi insulin dan kolesterol dalam tubuh Anda.

4. Mengurangi risiko gangguan saraf


Para penderita Alzheimer, gangguan tidur dan mengalami penyakit Parkinson bisa memilih program diet keto yang terbukti mengurangi risiko gangguan saraf. Keton yang dihasilkan akan membakar lemak menjadi energi dan bisa melindungi sel otak dari kerusakan.

Jadi, Anda bisa mendapatkan manfaat baik dari diet keto selama bisa menjalankan prosedur menurunkan berat badan yang benar. Anda hanya perlu memahami betul apa itu diet keto dan cara menjalankannya sesuai aturan.

Aturan menjalankan program diet keto


Diet keto standar menerapkan pola makan dengan takaran konsumsi  lemak 75 persen, protein 20 persen dan karbohidrat hanya 5 persen saja. Sedangkan diet yang dijalani para atlet atau binaragawan adalah diet keto tinggi protein yang mematok konsumsi lemak 60 persen, protein 35 persen dan karbohidrat 5 persen. Anda harus tahu jenis makanan yang direkomendasikan pelaku diet keto seperti telur, daging, ayam, kalkun, steak, ikan tuna, makarel, kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun dan lain-lain.

Sedangkan makanan yang tidak boleh dikonsumsi antara lain nasi, sereal, gandum, kacang, biji-bijian, umbi, makanan dan minuman manis, lemak tidak sehat serta alkohol. Selama Anda menjalani program diet keto yang benar, berat badan tubuh ideal bisa didapatkan lho! Tentu Anda harus mematuhi saran dokter mengenai apa itu diet keto yang dibatasi waktu. Pasalnya, pelaku diet keto dikhawatirkan bakal mengalami kekurangan protein jika menjalankan diet dalam waktu lama.


Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel