Cara Menghilangkan Bau Mulut

Mediasiblogger.com, Halitosis atau bau mulut tak sedap bisa disebabkan oleh banyak hal, tetapi berbagai studi menunjukkan bahwa 80% Halitosis disebabkan oleh masalah yang terjadi pada area mulut dan gigi, misalnya gigi berlubang, karang gigi, atau pun masalah gusi. Sebab itu, penting untuk senantiasa menjaga kesehatan mulut dan gigi sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut.

Penyebab bau mulut :

cara menghilangkan bau mulut


Tidak hanya adanya masalah terkait mulut dan gigi, diet terlalu ketat, mengonsumsi makanan berbau menyengat, merokok dan mengonsumsi alcohol juga bisa menjadi penyebab Hlitosis. Selain itu, terdapat beberapa masalah kesehatan lainnya yang bisa juga menjadi penyebab Halitosis diantaranya:

1. Xerostomia

Kondisi dimana mulut kering karena mengalami masalah produksi liur dikarenakan bakteri yang menumpuk dalam rongga mulut.

2. GERD

Kondisi terjadinya gangguan pada sistem pencernaan, akibat dari bakteri H.pylori penyebab sakit lambung dan sakit asam lambung atau GERD.

3. Sinusitis

Kondisi ini menghasilkan cairan kental atau lendir dari rongga area sinus hingga ke tenggorokan. Lendir yang menumpuk dapat menyebabkan bau.

4. Pengaruh kondisi kesehatan lain

Para penderita diabetes, infeksi pada saluran pernapasan dan penderita gangguan fungsi hati biasanya juga akan mengalami Halitosis.

Cara menghilangkan bau mulut atau halitosis

Halitosis tentunya akan sangat mengganggu terutama saat berinteraksi sosial. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau mulut? Coba lakukan beberapa tips berikut ini :

1. Sikat Gigi

Sikatlah gigi secara teratur 2 kali sehari dan sebelum tidur.

2. Menyikat Lidah

Bersihkanlah bagian lidah setelah menyikat gigi karena lemak-lemak yang menumpuk di lidah juga menjadi sarang bakteri penyebab nau mulut.

3. Obat Kumur 

Gunakan obat kumur non alcohol setelah menyikat gigi, setidaknya sekali sehari.

4. Air Putih 

Konsumsilah air putih minimal 8 gelas setiap hari, agar organ dalam tubuh lebih sehat dan aliran darah lebih lancar.

5. Pembersihan Gigi Palsu

Apabila menggunakan gigi palsu, teraturlah untuk membersihkannya agar tak ada bakteri yang berkembang biak pada gigi palsu.

6. Kulit Jeruk

Rutinlah mengunyah kulit jeruk karena dapat meningkatkan produksi liur sehingga membantu mengurangi bau mulut dan aroma jeruk dapat meredam bau mulut.

7. Peterselli dan Kemangi

Gemarlah mengonsumsi peterseli dan kemangi yang bisa menetralisir bau tak sedap pada mulut.

8. Cek Kesehatan Gigi

Rutin tiap 6 bulan untuk mengecek kesehatan gigi, untuk mengatasi gigi berlubang maupun karang gigi menjadi cara menghilangkan bau mulut.

9. Kurangi Kopi

Hindari mengonsumsi kopi berlebihan. Jumlah maksimal yang disarankan dalam mengonsumsi kopi adalah 2 cangkir per hari.

10. Permen Karet

Kunyahlah permen karet mint yang rendah kandungan gula untuk membantu meredam bau mulut.

11. Berkumur dengan Daun Sirih

Salah satu cara menghilangkan bau mulut yakni dengan rutin berkumur menggunakan air rebusan daun sirih. Terdapat kandungan minyak atsiri dalam air daun sirih yang merupakan anti bakteri alami. Berkumurlah secara rutin menggunakan air rebusan daun sirih sebanyak 2 kali setiap hari.

12. Berkumur dengan Air Garam

Cara menghilangkan bau mulut terakhir ialah menggunakan garam untuk berkumur. Air garam dapat membunuh kuman dalam mulut dan sela-sela gigi dan membersihkan sisa-sisa makanan yang menjadi sarang bekembang biaknya bakteri penyebab bau mulut. Berkumurlah menggunakan air garam setidaknya 2 kali setiap hari sekitar 30 detik setiap pagi dan sore.

Selain melakukan berbagai cara menghilangkan bau mulut di atas, perhatikan pula apa saja makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Pilihlah camilan sehat, seperti buah-buahan kaya kandungan air yang dapat membantu pembersihan mulut dan gigi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel