5 Cara Mudah Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula

MEDIASIBLOGGER.COM, Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara ternak burung lovebird yang menarik sekali untuk dibahas. Nah, siapa yang tak kenal dengan love bird? Burung yang bisa disebut juga dengan burung cinta ini memiliki waktu hidup yang cukup lama yaitu sekitar 10 hingga 15 tahunan. Burung ini memiliki ekor yang pendek. Paruhnya pun tergolong besar.

Apa Yang Menarik Dari Burung Lovebird ?

 

ternak burung lovebird


Burung penuh cinta ini memiliki warna yang cukup cerah dan menarik untuk dilihat. Mayoritas burung-burung ini memiliki warna hijau muda. Namun ada juga yang berwarna kuning atau abu-abu. Namun dipastikan bahwa warna badan mereka pasti berbeda dengan warna kepala mereka. Selain itu, love bird disebut sebagai burung monogami, karena mereka hanya memiliki satu pasangan seumur hidup mereka.

Cara Berternak Burung Love Bird

Langsung saja daripada penasaran, berikut kami berikan ulasan tentang cara ternak burung love bird yang anti gagal.

1. Menyiapkan Tempat Untuk Kandang Burung Love Bird


Cara ternak burung love bird yang pertama adalah dengan menyiapkan kandang untuk burung ini. Nah, apabila kita ingin berternak burung ini lebih dari dua, maka kita harus menyiapkan kandangnya juga harus lebih besar, dan harus bersekat. Karena memang burung ini hanya memiliki satu kekasih saja. Misalnya, anda ingin berternak dua pasang,sekaligus untuk bertelur maka anda perlu menyiapkan kandang yang berasal dari kayu yang cukup keras berukuran 40 cm x 40 cm x 50 cm. Anda juga perlu menyiapkan ranting berukuran kecil, daun-daun yang kering, dan serut kayu.

2. Membeli Dua Pasang Love Bird Yang Sehat


Memilih indukan love bird yang sehat adalah cara ternak burung love bird yang kedua. Induk yang sehat, 80% anaknya nanti juga akan sehat. Yang terpenting anda mesti memilih love bird dimana umur burung cinta jantan harus lebih tua dari umur burung cinta betina. Ini disebabkan ketika perkawinan nanti, burung cinta jantan pasti akan mendominasi daripada burung cinta yang betina.

3. Siap Menunggu Love Bird Di Musim Kawin


Selanjutnya adalah menunggu burung ini siap dengan masa kawinnya. Biasanya burung cinta yang betina siap kawin kalau sudah sering merentangkan ekor dan sayap mereka ke bagian atas. Nah, kalau yang jantan anda bisa lihat ketika love bird ini sering menggosok pantatnya pada sangkar mereka. Apabila sudah terlihat ciri-ciri tersebut anda bisa langsung menjodohkan mereka dengan saling mempertemukan. Langkah ini adalah cara ternak burung love birdyang ketiga.

4. Sering Memberi Burung Cinta Makan


Cara ternak burung love bird berikutnya adalah anda harus sesering mungkin untuk memberi mereka makan. Apabila mereka sudah menjadi sepasang burung yang anda kawinkan dan di dalam kandang yang sama, berilah mereka makan secara teratur. Hal ini akan membuat mereka cepat bertelur. Nah, beberapa makanan yang cocok untuk burung ini adalah tauge, biji sawi, kenari, kangkung, dan biji bunga matahari.

5. Cara Perkawinan Bertelur


Terakhir, ketika masa perkawinan dan bertelur telah usai, anda jangan sering-sering menengok mereka di dalam kandang. Hal ini akan mengganggu mereka. Apabila burung betina tidak ingin mengerami telur mereka, anda bisa dekatkan dengan sangkar milik mereka. Langkah ini merupakan cara ternak burung love birdyang terakhir. Nah, erangan dari burung betina yang sedang mengerami telurnya, akan membuat betina lain ikut mengerami juga.

Nah, ulasan di atas merupakan tips anti gagal bagi anda yang ingin berternak love bird.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel