Seperti Inilah Cara Kerja Telinga Sebagai Alat Pendengar

MEDIASIBLOGGER.COM, Pernah ngga sih kalian terlintas bertanya-tanya bagiamana sih cara kerja dari telinga kita sebagai alat untuk mendengar, jika iya kalian tepat membuka artikel ini, karena pada artikel ini kami akan membahas CARA KERJA TELINGA


CARA KERJA TELINGA 


Suara yang ada disekitar kita memiliki sebuah gelombang. Nah gelombang suara yang bergetar di udara sekitar kita ini akan dikumpulkan oleh daun telinga kita (Pinna) di setiap sisi kepala kita lalu diteruskan ke saluran telinga. Gelombang suara yang masuk ini akan membuat gendang telinga kita bergetar. Gendang telinga sangat sensitif terhadap getaran suara di saluran telinga sehingga dapat mendeteksi bahkan suara yang paling samar sekalipun dan juga mereplikasi pola getaran suara yang paling rumit sekalipun. Getaran gendang telinga yang disebabkan oleh gelombang suara menggerakkan rantai tulang-tulang kecil (ossicles - malleus, incus, dan stapes) di telinga tengah yang memindahkan getaran suara ke koklea telinga dalam.

Ini terjadi karena yang terakhir dari tiga tulang dalam rantai ini, stapes, duduk di jendela yang tertutup membran di dinding bertulang yang memisahkan telinga tengah dari koklea telinga dalam. Ketika stape bergetar, itu membuat cairan dalam koklea bergerak seperti gelombang, merangsang 'sel-sel rambut' yang kecil secara mikroskopis.Hebatnya, 'sel rambut' dalam koklea disetel untuk merespons suara yang berbeda berdasarkan nada atau frekuensi bunyinya. Suara bernada tinggi akan merangsang 'sel rambut' di bagian bawah koklea dan suara bernada rendah di bagian atas koklea.

Apa yang terjadi selanjutnya bahkan lebih luar biasa karena, ketika setiap 'sel rambut' mendeteksi nada atau frekuensi suara yang disetel untuk ditanggapi, ia menghasilkan impuls saraf yang bergerak secara instan di sepanjang saraf pendengaran. Impuls saraf ini mengikuti jalur rumit di batang otak sebelum tiba di pusat pendengaran otak, korteks pendengaran. Di sinilah aliran impuls saraf diubah menjadi suara yang bermakna. Semua ini terjadi dalam sepersekian detik ... hampir secara instan setelah gelombang suara memasuki saluran telinga kita. Sangat benar untuk mengatakan bahwa, pada akhirnya, kita mendengar dengan otak kita.


Nah itu dia cara telinga bekerja. Bagaimana, Apakah anda sudah mengerti ? Jika masih belum mengerti juga, silahkan lihat video youtube ini akan menjelaskan lebih detail nya lagi :



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel